Manajemen Situasional/Kondisional

salam dahsyat!

Mungkin bingung dengan judul diatas atau mungkin juga malah tampak familiar. ya, dari judulnya saja sudah jelas terbaca… kecuali yang buta huruf lho.

Manajemen situasional/kondisional merupakan manajemen yang terjadi pada proses pelaksanaan. Mengacu pada rencana yang telah digariskan. Manajemen situasional menjadi suatu fungsi kontrol pada keadaan lapangan agar tidak terlalu melenceng dari rencana semula.

Banyak sekali, kejadian-kejadian yang tidak pernah terduga sebelumnya.  Dengan adanya sikap yang tenang dan terkendali dari seorang pemimpin, maka manajemen situasional dapat terlaksana dengan baik, meskipun harus merubah total rencana, tetapi perubahan tersebut tidak menimbulkan konflik internal maupun eksternal.

Manajemen situasional selalu terjadi pada penyelenggaraan event maupun pada proses pemasaran. Dimana, kita tidak akan pernah tahu tentang bagaimana sikap dan perilaku konsumen yang menjadi target pasar, perubahaan secara internal dan eksternal dari konsumen akan mempengaruhi tingkat manajemen situasional.

secara garis besar, manajemen situasional adalah konsep manajemen yang dapat menjadi solusi pada kejadian dilapangan yang tidak terprediksi. Pengambilan keputusan dan sikap pemimpin akan menentukan.

Salam Dahsyat!

About neogie

Pedagang cokelat, herbal dan frozen food. Peternak kambing pemula dan petani pemula. Praktisi Magang At Thibbun Nabawi.
This entry was posted in Information, Motivation and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment